Thursday, March 11, 2010

LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN LOVE WITH YOUR COMPANY

Seorang CEO sebuah perusahaan IT  dari Indiaberbicara dalam sebuah  sesi dengan para karyawan tentang filosofi ini. CEO tersebut termasuk dalam 50  orang paling berpengaruh dalam dunia bisnis di Asia(dirilis  oleh majalah Asiaweek).
Bagi yang tertarik membaca pandangan  dia secara mendalam, berikut kutipan kata-katanya:
"Saya sering menjumpai orang-orang  yang bekerja selama 12 jam sehari, 6 hari seminggu, atau lebih. Beberapa  diantaranya melakukan hal tersebut karena diburu-buru oleh deadline, memenuhi  target yang telah ditetapkan.
Bagi mereka, waktu-waktu panjang  yang penuh lembur hanyalah bersifat sewaktu-waktu saja. Adapula yang menjalani  jam-jam panjang dalam hari-hari mereka selama bertahun-tahun: entah karena  orang-orang ini merasa telah mengabdikan diri sepenuhnya kepada pekerjaan, atau  bisa juga disebut workaholic.
Apapun alasan yang orang buat untuk  bekerja lembur, kondisi tersebut berpengaruh TIDAK BAIK kepada orang yang  menjalani maupun orang-orang sekitarnya. Berada dalam kantor selama berjam-jam  dalam rentang waktu yang lama, bisa menimbulkan potensi yang cukup besar bagi  yang menjalaninya untuk membuat kesalahan. Rekan-rekan saya yang saya kenal  sering bekerja lembur, sering membuat kesalahan karena faktor kelelahan. 
Membetulkan kesalahan-kesalahan ini  tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga tidak saja dari dirinya sendiri,  melainkan orang lain yang secara langsung maupun tidak langsung bekerja  bersamanya.
Masalah lain adalah orang-orang yang  bekerja pada perusahaan yang menetapkan waktu kerja yang ketat seringkali  bukanlah orang-orang yang secara pergaulan menyenangkan. Parakaryawan dari  perusahaan dengan tipe seperti ini sering mengeluh atau komplain mengenai orang  lain (yang tidak bekerja sekeras mereka). Mereka menjadi mudah tersinggung, dan  mudah marah. Orang-orang lain menjauhi mereka. Perilaku semacam ini secara  organisasi tentunya merupakan masalah besar: hasil besar akan dicapai oleh  sebuah organisasi apabila ada jalinan harmonis dalam kerja sama tim antar  karyawannya, bukannya bekerja sendiri-sendiri dan saling menjauhi. 
Sebagai seorang manajer, saya harus  membantu orang lain untuk meninggalkan kantor tepat waktu. Langkah pertama dan  terpenting adalah saya lah yang harus memberi contoh dan pulang ke rumah tepat  waktu. Saya bekerja dengan seorang manajer yang menyindir orang-orang yang  bekerja lembur terlalu lama. Ajakannya menjadi kehilangan makna ketika  orang-orang menerima emailnya dan melihat jam email tersebut dikirim ternyata  jam 2 pagi. Untuk mengajak orang melakukan suatu hal, langkah terpenting adalah  memberi contoh dengan melakukannya sendiri.
Langkah kedua adalah mengajak orang  untuk menjalani hidup yang SEIMBANG.
Sebagai contoh, berikut ini adalah  langkah-langkah yang menurut saya cukup membantu:
1) Bangun pagi, sarapan dengan menu  yang baik, lalu berangkat bekerja.
2) Bekerjalah dengan keras dan  pintar selama 8 atau 9 jam sehari.
3) Pulanglah ke rumah 
4) Baca buku atau komik, menonton  film yang lucu, kumpul-kumpul dengan rekan, keluarga, bermain dengan anak-anak,  dll.
5) Makan yang sehat dan tidur yang  cukup
Langkah-langkah ini disebut sebagai  recreating. Mengerjakan langkah 1, 3, 4, dan 5 akan memungkinkan langkah 2  dilakukan secara efektif dan seimbang.
Bekerja secara normal dan  mempertahankan hidup yang seimbang adalah konsep yang sederhana. Langkah-langkah  tersebut mungkin akan sulit dilakukan oleh sebagian orang karena orang tersebut  akan menganggap perlunya perubahan mendasar yg bersifat personal pada dirinya. 
Sebenarnya langkah-langkah ini  memungkinkan untuk dilakukan oleh setiap orang, karena kita memiliki kekuatan  untuk memilih apa yang akan kita lakukan.
"LOVE YOUR JOB BUT NEVER FALL IN  LOVE WITH YOUR COMPANY".

Sumber: unknown

dari hal kecil, dari diri sendiri, dari sekarang

menuju titik nadir

ebook gratis

letter from a father

tentukan kopimu

kita

1 comments:

ceuceu said...

I do something cause I love to...

maybe I never falling in love to the company I work in cause I always wondering to have my own company someday.. ( I just loyal to them..).

I also do not mind if I have to work more than 10 hours in a day... I found no negative thing about it.. :)